Penyakit Umum Yang Menyerang Anak

Penyakit Umum Yang Menyerang Anak

Seorang ibu paling bingung bila anaknya yang masih kecil jatuh sakit. Kadang-kadang si ibu tidak tahu apakah harus ke dokter atau cukup diobati dengan obat yang dapat dibeli tanpa resep. Untuk mengenali penyakit apa saja yang sering menyerang anak, dibawah ini ada 10 penyakit yang umum diderita anak balita.

1. Salesma

Penyakit yang paling sering menyerang dan gampang menulari orang dewasa maupun anak kecil.

2. Penyakit Perut

Karena anak balita rentan terhadap penyakit, bila makanan yang disantapnya kurang bersih mudah terjangkit sakit perut. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang ditularkan oleh air atau makanan yang tercemar kotoran manusia.

3. Cacar air

Gejala berupa bintik-bintik merah yang akhirnya berubah menjadi bisul-bisul kecil berair pada tubuh dan wajah. Terasa gatal tetapi bila digaruk dapat bekas seumur hidup pada kulit penderitanya.

4. Campak

Penyakit ini diawali dengan demam dan gejala yang mirip salesma. Dalam 5 hari akan muncul bercak-bercak merah diseluruh tubuh yang terasa gatal dan juga sakit.

5. Polio

Belakangan ini banyak ditemukan anak-anak terkena polio. Gejalanya sama dengan salesma tetapi virusnya menyerang otot kaki dan badan sehingga dapat menyebabkan kelumpuhan dan kematian.

6. Flu

Virus flu yang ganas mudah menyerang anak kecil dan gejalanya antara lain berupa demam, sakit perut, nyeri-nyeri pada badan.

7. Batuk Rejan

Di musim panas anak-anak banyak yang terkena batuk rejan. Batuk yang lama tidak berhenti-henti dang sangat mengganggu serta disertadi demam.

8. Mata Merah

Penyakit ini mudah menular dan disebabkan oleh virus yang tidak dapat disembuhkan oleh obat antibiotik.

9. Cacingan

Penyakit yang banyak diderita anak-anak adalah cacingan disebabkan oleh tangan yang kotor dan tidak dicuci sebelum makan serta makanan yang kurang direbus lebih baik.

10. Kutu Rambut

Biasanya anak-anak perempuan yang terkena penyakit ini. Boleh jadi ketularan teman disekolah karena kutu rambut mudah sekali menular.

0 Response to "Penyakit Umum Yang Menyerang Anak"

Post a Comment